Minggu, 02 Desember 2012

Perangkat Keras Internet Lengkap


Perangkat Keras Internet Lengkap

Thursday, August 16th 2012. | Internet

perangkat keras internetPerangkat keras internet atau hardware adalah perangkat fisik yang akan menyambungkan pengguna (user) ke jaringan internet. Berdasarkan banyaknya user dan hardware yang digunakan, ada dua jenis sambungan internet, yaitu sambungan untuk perorangan yang juga dikenal sebagai home use) dan sambungan pekantoran (coorporate user). Sambungan perorangan umumnya ditemukan dalam penggunaan di rumah atau kantor dengan menggunakan satu unit komputer dan penggunanya hanya satu atau dua orang. Sedangkan sambungan perkantoran umumnya berupa terdiri dari beberapa komputer yang saling terhubung membentuk jaringan lokal (LAN) dan juga terhubung ke internet. Mari kita bahas apa saja perangkat keras internet yang dibutuhkan untuk masing-masing sambungan tersebut.

Perangkat Keras Intenet Untuk Sambungan Perorangan

perangkat keras internet dan fungsinyaPerangkat keras internet untuk sambungan perorangan terdiri dari komputer, NIC, dan modem. Komputer yang bisa digunakan tidak hanya Personal Computer (PC) tapi juga notebook atau netbook. Pastikan komputer tersebut memiliki Network Interface Cards (NIC). Di PC, NIC ditempatkan di slot kosong di dalam CPU. Pada sebelah belakang kartu ini kita dapat menemukan sebuah port yang dapat digunakan untuk menghubungkan salah satu ujung dari kable Ethernet. Pada notebook dan netbook, NIC umumnya sudah memiliki perangkat ini. Perangkat selanjutnya adalah modem. Modem yang merupakan singkatan dari Modulator Demodulator adalah sebuah alat elekronik yang berfungsi untuk mengoba sinyal digital dari komputer menjadi sinyal frekuensi telepon. Kemudian frekuensi telepon tersebut diubah kembali menjadi data digital saat sampai ditujuan.

Perangkat Keras Intenet Untuk Sambungan Perkantoran

perangkat keras internet fungsiSelanjutnya kita beralih ke perangkat keras internet untuk sambungan perkantoran. Sambungan perkantoran membutuhkan tidak hanya satu komputer, tapi lebih. Bisa dua atau lebih banyak lagi. Perangkat lain yang dibutuhkan adalah router, hub/ switch, dan tentu saja modem. Ruter adalah alat yang berperan dalam pengiriman paket data dari satu jaringan ke jaringan lain atau ke jaringan internet global. Hub adalah perangkat yang dapat digunakan untuk membuat beberapa komputer menjadi terhubung secara bersama-sama. Sedangkan switch adalah pengembangan lebih canggih dari hub. Perangkat keras internet ini dapat memeriksa data paket yang dikirim dan diterima serta menentukan sumber dan perangkat tujuan setiap paket sehingga koneksi lebih cepat dan aman.

 Perangkat keras internet untuk sambungan perkantoran juga tidak lepas dari kabel ethernet dan radio wireless. Kabel ethernet atau yang disebut juga twisted pair adalah kabel fisik yang dihubungkan ke NIC yang terletak di setiap komputer di LAN. Dengan kabel ini komunikasi antar komputer bisa terjadi. Selain jaringan yang menggunakan kabel, ada juga jaringan wireless atau nirkabel. Jaringan ini dilengkapi radio wireless  yang menggunakan gelombang radio dan/ atau gelombang mikro untuk menjalankan saluran komunikasi antar komputer. Jaringan model ini lebih praktis dan modern daripada jaringan kabel. Namun, tetap saja masing-masing jenis jaringan mempunyai kekurangan. Jaringan nirkabel biasanya rawan dengan cuaca dan penghalang yang menyebabkan gangguan gelombang radio. Membangun jaringan nirkabel juga lebih mahal daripada jaringan kabel.

 Tapi bukan teknologi namanya jika tidak menawarkan solusi. Koneksi intenet nirkabel kini bisa diakses dengan mudah menggunakan handphone, netbook, atau PC tablet yang dilengkapi WiFi (Wireless Fidelity) di dalamnya. Dengan perangkat WiFi yang tersedia kita dapat langsung terkoneksi ke jaringan internet asalakan tempat tersebut memiliki jaringan HotSpot. Jika tidak ada WiFi dan HotSpot sekalipun, kita tetap bisa terhubung ke internet dengan layanan seluler di jaringan 2G (GPRS) dan 3G. Itulah beberapa perangkat keras internet berdasarkan jenis sambungannya dan perkembangan jaringan internet nirkabel sampai begitu mudahnya diakses seperti sekarang ini. Dengan mengetahui jenis dan fungs masing-masing perangkat keras internet, semoga kita bisa menjadi internet user yang baik dan cerdas.
 SUMBER:GOOLE PERANGKAT KERAS KOMPUTER.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar